Tugas 3 KAJIAN SENI RUPA DAN DESAIN - SYAUQI AIDIL RIZKI - 202146500818 - R4K

 MENGANALISIS JURNAL 

Jurnal yang telah di analisis pada waktu pertemuan luring sebelumnya 




Pada Jurnal yang pertama

Judul :

Analisis Bakpia kukus tugu jogja desain packaging.

Pendekatan :

Pada desain kemasan tertentu produk merupakan hal yang harus diperhatikan begitu juga pada bakpia khusus jogja karena dalam desain suatu produk harus mampu memberikan detail informasi produk kepada konsumen.

Teori :

 Ferdinard de Saussure

Analisis :

menggunakan metodologi

Kesimpulan

: Dengan Mempresentasikan Identitas produk secara lengkap dapat memikat pelanggan.

 

Jurnal yang kedua

Judul :

Keterampilan Membaca

Pendekatan :

Keterampilan adalah suatu kemampuan dalam melakukan sesuatu. Seseorang dikatakan mampu apabila ia bisa melakukan sesuatu yang harus ia lakukan. Muttaqin (2008) menyatakan bahwa pengertian keterampilan dalam konteks pembelajaran adalah usaha untuk memperoleh kompetensi cekat, cepat dan tepat dalam menghadapi permasalahan belajar.

Teori :

Keterampilan membaca dengan teori Ferdinand de Saussure. Ferdinand de Saussure memiliki empat konsep, yaitu: signifiant signifye tanda dan makna bahasa, langue parole sistem dan praktik bahasa, synchronic diachronic waktu bahasa, syntagmatic associative hubungan bahasa. Pada kesempatan ini pembahasan hanya focus pada konsep langue parole.

Analisis :

Menggunakan Metodologi

Kesimpulan :

membaca bertujuan untuk mendapatkan informasi atau pesan dari teks. Membaca dengan tujuan, cenderung lebih memahami dibandingkan dengan yang tidak mempunyai tujuan.

 

Jurnal Yang Ketiga

Judul :

Novel Menjali Dan Cakrabirawa karya ayu utami

Pendekatan :

Sastra merupakan ungkapan kehidupan yang di tuangkan melalui bahasa ataupun juga kesastraan merupakan nilai atau kadar sastra, sedangkan kesusastraan adalah kumpulan karya sastra atau hal-hal yang berkenaan dengan sastra.

Teori :


Semiotika adalah  sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut.

Analisis :

Menggunakan analisis Ferdiranrd de Seassure

Kesimpulan :

Dalam menggunakan teori Ferdinard de Seassure dapat mendapatkan penanda dalam mengerti suatu yang ingin di analisis




 

ANALISIS OBJEK LUKISAN VINCENT VAN GOGH

Vincent Van Gogh merupakan pelukis asal Belanda yang lahir pada 30 Maret 1853 dan anak kedua dari enam bersaudara.  Aliran seni lukis yang dibawa Vincent Van Gogh adalah post-impressionism. Bahkan Van Gogh menjadi salah satu penior yang memberikan pengaruh pada banyak aliran yang menyusul, seperti fauvism, neo impresionisme, dan lain-lain.  Lukisan The Starry Night miliknya menjadi karya paling populer sampai saat ini. Lukisan tersebut menggambarkan pemandangan sebuah desa pada malam hari dengan langit yang dihiasi cahaya bintang dan bulan.  Lukisan Starry Night menyuguhkan keindahan sekaligus rasa sedih dan haru yang mendalam pada diri Van Gogh. 

Alasan dari saya pribadi mengapa saya memilih Lukisan yang bernama The Starry Night adalah terdapat rasa tersendiri sewaktu melihat lukisan tersebut antara perpaduan Terkagum namun juga rasa sedih dan kesepian dikarenakan bagaimana Vincent Van Gogh melukis lukisan tersebut. 


Comments

Popular posts from this blog

KAJIAN SENI RUPA DAN DESAIN

ANALSISIS ABSTRAK FILM : IP MAN 3

TUGAS Kajian Dan Seni Rupa